3 Masalah yang Akan Muncul Pada Luka Akibat Diabetes

Pasien penderita diabetes yang mengalami luka khususnya di bagian kaki, masa penyembuhannya lebih lama dibandingkan dengan orang sehat. Kondisi luka tersebut akan terus menyebar dan semakin parah, jika tidak segera diobati. Mengobati luka pada pasien diabetes, harus benar-benar cekatan agar luka tidak semakin parah. Jika luka semakin parah dan tidak kunjung sembuh, resikonya bagian luka tersebut harus diamputasi.

Apa Sebabnya Luka Diabetes Penyembuhannya Lebih Lama?

Salah satu penyebabnya adalah tingginya kadar gula darah. Jika gula darah di dalam tubuh melebihi kadar normal, maka akan menimbulkan buruknya sirkulasi darah. Sedangkan, sirkulasi darah seharusnya bisa lancar hingga sampai ke kulit untuk proses penyembuhan luka secara alami.

Jika sirkulasi darah tidak lancar, maka luka yang diderita akan tetap terbuka. Dengan luka yang terbuka tersebut beresiko terkena infeksi bakteri, jamur, dan akhirnya timbul gangren, sehingga proses penyembuhannya memakan waktu yang cukup lama.

Pasien yang mempunyai riwayat penyakit diabetes, kemudian terjadi luka kecil maupun besar, jangan pernah dianggap sepele. Mengapa? Karena akan menimbulkan beberapa masalah seperti berikut ini:

  1. Mati rasa

Mati rasa pada salah satu bagian tubuh yang terluka diakibatkan karena rusaknya saraf-saraf. Kondisi ini merupakan salah satu komplikasi diabetes yang sering terjadi pada pasien diabetes. Sehingga, mereka tidak akan merasakan sakit pada luka yang dialaminya dan kondisi luka tersebut baru disadari setelah keadaannya terinfeksi dan membusuk.

  1. Penyempitan pembuluh darah arteri

Pasien diabetes yang mengalami luka di bagian kaki, lebih beresiko mengalami penyempitan pembuluh darah arteri. Akibatnya, aliran darah ke bagian tubuh yang terluka menjadi terhambat. Jika hal ini terjadi, maka akan menimbulkan infeksi luka dan masa penyembuhan luka tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama. Bahkan apabila tidak bisa disembuhkan, kemungkinan besar bagian tubuh yang terluka harus diamputasi.

  1. Lemahnya imunitas tubuh

Pasien diabetes, pasti kondisi tubuhnya tidak akan seoptimal orang sehat pada umumnya. Lemahnya imunitas tubuh sangat mempengaruhi pada sistem kekebalan tubuh, sehingga luka pasien diabetes lebih rentan terkena infeksi meskipun hanya luka kecil.

Itulah beberapa masalah yang akan terjadi pada pasien diabetes yang mengalami luka. Temukan obat luka diabetes di GoApotik. Bila Anda mencari obat luka bakar kena knalpot yang ampuh, di GoApotik juga ada.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *