Selama ini mungkin Anda sering mendengar istilah demurrage dan detention, namun sebenarnya tidak mengerti arti dari istilah tersebut. Demurrage dan detention meruakan sitilah yang digunakan dalam kegiatan eksportir, importer dan ekspedisi pengiriman yang dilakukan secara regular. Antara biaya demurrage dan detention terdapat perbedaan yang mencolok. Apa saja itu?

Pada banyak kasus, biaya ini nilainya cukup besar sehingga banyak pelanggan yang memilih untuk meninggalkan kargonya untuk menghindari biaya yang cukup besar. Demurrage ini dan detention biasanya terjadi pada kegiatan impor, meskipun jega terjadi pada kegiatan ekspor, namun pada tingkat yang lebih rendah.

Perbedaan Antara Biaya Demurrage dan Detention

Biaya demurrage merupakan biaya yang wajib dibayar oleh suatu perusahaan pelayaran pada importir sebelum menaikkan atau menurunkan container ke kapal pada waktu yang sudah disepakati sebelumnya. Jadi istilah demurrage hanya digunakan pada saat kargo masih berada di dalam container. Bisa jadi karena dibongkar (impor) atau kerena memang belum dimuat (ekspor).

Sedangkan detention merupakan biaya yang dikenakan oleh perusahaan pelayaran kepada importir, ketika container penuh dan sudah diambil untuk dibongkar (dengan asumsi untuk periode gratis), akan tetapi jika wadahdalam kondisi kosong dan belum dikembalikan sebelum berakhirnya waktu bebas yang telah ditentukan.

Istilah detention juga dapat digunakan pada saat container sudah kososng, baik setelah dilakukan pembongkaran atau sebelum proses muat. CFLD karawang new industry city development dikembangkan dan dikelola oleh pengembang, perusahaan perencana dan operator kota industri dengan skala internasional dan berpusat di negara Singapura.

Dengan menggunakan perusahaan perencana dan operator kota berskala internasional yang berpusat di Singapura, sudah tentu Karawang kini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi. Diharapkan, dengan adanya hal tersebut dapat memajukan Kota Karawang.

Perbedaan demurrage dan detention diatas yang sudah dijelaskan kiranya bisa menjadi informasi yang sangat bermanfaat dan penting bagi anda semua ya!

KNIC merupakan kawasan industri kedua yang dikembangkan CFLD International di Indonesia menyusul kawasan industri Tangerang New Industry City yang telah dibangun sebelumnya.

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *