Cara dan Tips Pintar Men-desain Dapur Kecil Anda

Ukuran ruangan dapur yang relatif kecil tidaklah menjadi suatu masalah jika kita mampu mengatasinya serta mensiasatinya dengan ide segar.Desain dapur kecil kini sudah banyak dihadirkan dengan ragam topik yang unik serta menjadi tren saat ini. Fungsi serta kegunaan dari ruang dapur akan lebih efektif apabila pemakainya mampu memahami cara mensiasati ruangan dapur yang sempit supaya semakin lega.

Ada istilah ‘ukuran adalah segalanya’, tentu tidak dapat diterapkan di ruang dapur. Anda tidak memerlukan ruangan yang besar untuk dapur supaya bisa berfungsi baik dan lebih nyaman. Sebelum memulai proses desain dapur sesuai keinginan Anda, hendaknya kita yakin dulu bagaimanapun ukuran dari dapur kita serta peralatannya tetap dapat difungsikan dengan baik. Setelah meyakini hal tersebut, maka Anda bisa mengakali dengan desain dapur kecil mungil dan efektif.


desain dapur kecil 2

desain dapur kecil

desain dapur

desain dapur kecil 5

desain dapur kecil 4

contoh dapur minimalis

Trik & Tips Desain Dapur Kecil

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami sampaikan trik-trik serta tips khusus yang bisa dilakukan untuk mengakali ruangan dapur yang sempit agar tetap efisien dan maksimal dimanfaatkan:

  1.  Anda bisa menemukan tempat khusus untuk segala macam barang di dapur. Utamakan kerapian karena hal ini merupakan hal paling penting dan bisa mempengaruhi tampilan ruang lebih lapang serta efisien.
  2. Lebih membuka pikiran, dan mencoba keluar dari zona nyaman selama ini tentang penataan dapur. Anda bisa mulai mencoba suasana baru, misalnya melepas pintu lemari dan membiarkan isi dari lemari dapat terlihat dengan jelas. Selain tampilan lemari dapur yang terbuka, bisa dikondisikan dengan penggunaan lemari berpintu kaca.
  3. Anda juga menciptakan kohesi, supaya ilusi kesan dari ruangan terlihat lebih luas. Kita juga terkadang direpotkan dengan tumpukan barang seperti contohnya piring yang bisa memberikan kesan penuh. Sebaiknya berikan warna cat dinding yaitu putih dan selaras dengan warna putih dari piring. Kesan piring menumpuk akan hilang dengan seketika.
  4. Pastikan ukuran dari barang-barang maupun alat-alat memasak serta jumlahnya sesuai dengan kapasitas dan luas dapur itu sendiri, supaya contoh dapur minimalis bisa terlaksana. Sesuaikan juga jumlah kebutuhan piring gelas, serta alat pemasak nasi seperti rice cooker sesuai dengan jumlah orang yang tinggal mendiami rumah tersebut.
  5. Usahakan untuk membuat ruangan dapur terlihat lebih terang dari yang sebelumnya. Selain penggunaan lampu bisa juga mengatur pencahayaan menggunakan akses atau ventilasi menuju sinar matahari. Lampu penataannya juga bisa diletakkan persis di bawah lemari dapur supaya kegiatan memasak menjadi lebih mudah.
  6. Desain dapur kecil selanjutnya adalah penggunaan furnitur yang multiguna contohnya meja kecil pada ruang dapur. Tentu saja ide ini sangatlah efektif bagi kondisi ruang dapur yang minimalis, lebih hemat tempat serta fungsional untuk kegiatan memasak serta menyantap makanan.