Cara Menata Kamar Tidur Anak Agar Nyaman dan Menarik

Cara menata kamar tidur anak berbeda dengan menata kamar tidur orang dewasa atau kamar utama, kamar tidur anak sebaiknya memiliki konsep ceria, menarik, dan nyaman, agar mereka merasa betah bermain dan beraktivitas dikamar. Hal ini cukup penting karena kamar yang nyaman akan membuat anak akan merasa betah berada dirumah dari pada bermain di luar rumah yang banyak mengandung resiko.

Aktivitas utama anak adalah bermain, belajar, dan tidur (istirahat yang cukup), bila ketiga hal ini berkualitas maka proses tumbuh dan kembang anak akan lebih maksimal, dibandingkan dengan anak yang tidak memiliki waktu bermain, belajar dan tidur yang cukup. ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan saat mendesain kamar anak yaitu pencahayaan, warna cat, pembentukan ruangan, bahan-bahan yang digunakan dan dimensi. Furniture yang digunakan tidaklah harus selalu mahal dan bagus yang paling penting adalah penataan elemen yang saling mendukung, bahan yang aman, permainan warna-warni yang unik, ceria dan menenangkan anak. Maka pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa cara menata kamar tidur anak.

3 Cara Menata Kamar Tidur Anak

Tiga cara menata kamar tidur yang akan diuraikan secara singkat dibawah ini, berhubungan erat dengan tiga elemen dasar dalam sebuah kamar yaitu lantai, dinding dan plafon, dimana penataan ketiga elemen ini akan menghasilkan sebuah suasana yang berbeda.

  1. Lantai

Elemen paling dasar adalah lantai, karena hampir semua aktivitas anak akan dilakukan dilantai, penggunaan zona lantai dapat membuat anak mengerti akan adanya batasan dan perbedaan disetiap zona yang ada, selain itu perbedaan warna lantai yang dibuat dengan menggunakan karpet dengan warna yang sesuai dengan warna dinding atau plafon dapat menciptakan ruang imajinasi dan petualangan tertentu pada anak, dimana mereka bisa secara alami saat bermain akan memilih tempat atau zona yang nyaman, dan saat belajar memilih bagian ruangan yang lainnya.

cara menata kamar tidur

  1. Dinding

Dinding merupakan elemen pembatas dari satu ruangan dengan ruangan lainnya baik secara visual maupun fisik. Permainan additive dan substractive dapat Anda gunakan secara massif. Penambahan dinding ruangan dengan kontruksi gypsum atau kayu dengan bentuk yang unik (additive) dapat membuat ruangan lebih hidup, dengan tambahan beberapa cekungan atau lubang pada dinding (subtractive) akan menciptakan sebuah dinding yang seolah-oleh memiliki dimensi yang berbeda, sehingga membuat kamar tidur anak menjadi lebih hidup, menarik dan unik.

cara menata kamar tidur

  1. Plafon

Plafon merupakan ambang batas paling atas dari sebuah ruangan, dengan memberikan desain yang menarik, unik dan ceria ternyata dapat memberikan efek psikologis pada anak. Suasana ruangan juga dapat memberikan pengaruh psikologis yang berbeda untuk setiap anak, namun penggunaan efek cekungan atau berbagai bentuk yang menarik baik dengan menggunakan teknik substractiv atau additive dan permainan warna dan pencahayaan (indirect lighting) dapat menciptakan suasana kamar menjadi lebih ceria dan hangat.

cara menata kamar tidur

cara menata kamar tidur

semoga uraian singat diatas dapat memberikan manfaat bagi Anda yang mungkin saat ini sedang mencari informasi mengenai cara menata kamar tidur anak.