Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali ciri kehamilan yang bisa diketahui selain telat menstruasi. Salah satu contohnya adalah keputihan. Tidak bisa dipungkiri bahwa ciri-ciri keputihan memang hampir mirip dengan ciri akan menstruasi. Keadaan tersebut yang terkadang membuat orang menganggap bahwa dirinya sedang tidak dalam kondisi hamil melainkan akan menstruasi. Padahal ada beberapa tanda kehamilan dan akan menstruasi yang bisa dengan jelas dibedakan seperti contohnya adalah keputihan tanda hamil .

Biasanya saat mengalami telat datang bulan akan ditandai dengan munculnya keputihan. Maka dari itu tidak heran bila ada beberapa kasus yang menyimpulkan bahwa keputihan tersebut adalah awal tanda menstruasi. Padahal bila diteliti keputihan tersebut bisa jadi merupakan tanda awal kehamilan. Biasanya munculnya keputihan sebagai tanda awal kehamilan memang disertai dengan ciri atau tanda kehamilan yang lain seperti mual atau muntah serta badan menjadi lebih mudah capek dan sering mengantuk.

Menurut beberapa penelitian, keputihan memang bisa saja terjadi saat awal kehamilan. Keadaan tersebut terjadi karena meningkatkannya jumlah hormon di dalam tubuh juga aliran darah ke vagina semakin meningkat. Secara umum, keputihan memiliki sifat asam dan beberapa bakteri serta antibiotik yang ada di dalamnya untuk mencegah bakteri dan virus yang bisa menyebabkan infeksi. Bagi Anda yang masih bingung untuk membedakan antara keputihan sebagai ciri kehamilan atau keputihan sebagai tanda awal akan menstruasi, berikut ini adalah beberapa penjelasannya:

  1. Waktu
    Hal pertama yang bisa diperhatikan untuk membedakan keputihan ciri awal kehamilan atau akan menstruasi adalah biasanya keputihan yang merupakan ciri awal kehamilan akan muncul setelah 1-2 minggu proses pembuahan oleh sperma pada sel telur yang terjadi di rahim wanita berhasil. Sedangkan untuk keputihan tanda awal menstruasi biasanya hanya terjadi beberapa hari saja dan akan menghilang seiring dengan munculnya darah menstruasi.
  2. Tekstur dan warna
    Tekstur juga menjadi salah satu perbedaan antara keputihan tanda kehamilan atau keputihan akan menstruasi. Biasanya tekstur tanda kehamilan teksturnya akan sangat kental dan warnanya menyerupai putih susu. Sedangkan untuk keputihan tanda awal menstruasi teksturnya lebih cair dan juga warnanya lebih bening. Biasanya keputihan tanda awal kehamilan juga akan diikuti dengan munculnya bercak darah yang keluar dari vagina. Warna bercak darah ini tentunya akan sangat berbeda saat akan menstruasi yakni bisa merah terang atau hampir kecoklatan dan hanya terjadi dalam rentang waktu beberapa hari saja.
  3. Volume
    Biasanya keputihan sebagai ciri awal kehamilan memang memiliki volume yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan keputihan saat akan menstruasi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan volume keputihan yang semakin meningkat berguna untuk mencegah masuknya virus atau bakteri lainnya dalam rahim yang nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Keputihan tanda hamil memang bisa dilihat dengan jelas perbedaannya dengan keputihan akan menstruasi. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda ingat bahwasanya tidak hanya keputihan saja yang menjadi ciri tanda awal kehamilan. Ada berbagai macam tanda kehamilan yang mungkin tidak bisa dilihat dengan mudah. Oleh karena itu, untuk mendapatkan jawaban yang pasti lakukan tes kehamilan pada pagi saat bangun tidur, bila ternyata hasilnya menunjukkan positif segera periksalah ke dokter dan lakukan konsultasi supaya bayi yang ada di dalam kandungan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *