Batik tulis adalah salah satu tknik membatik yang dilakukan secara manual. Hal ini telah dilakukan sejak awal perkembangan batik dimulai. Karena pada zaman dahulu masih belum ada teknologi yang kompatibel untuk mendukung pembuatan batik. Namu dengan seiring perkembangan zaman, perlahan penggunaan teknik batik tulis mulai tesingkirkan oleh adanya mesin – mesin printing maupun cap. Tentu hal ini membuat para pengrajin batik tulis harus gulung tikar karena sepinya peminat. Harga batik tulis memang relatif mahal dibandingkan dengan teknik yang lain karena batik tulis dilakukan secara organik oleh tangan manusia. Untuk mengetahui perbedaan apa saja yang ada pada teknik batik tulis dengan teknik batik kombinasi cap dan tulis. Berikut kami ulas keduanya.

  • Batik Tulis

Yang pertama tentang Batik tulis. Merupakan salah satu teknik membuat batik yang digunakan secara full manual menggunakan tangan dengan alat bantu canting untuk menerapkan lilin malam pada corak batiknya. Dan cara ini dilakukan pembuatan batik tulis dengan melukiskan sebuah pola pada kainnya dengan memanfaatkan tangan saja, alat – alatnya yang diperlukan diantaranya adalah memerlukan Canting, Gawangan, Wajan, kauli, Anglo, Tipas/ Tepas. Untuk pembuatan batik tulis ini sangat memerlukan kesabaran dan ketelitian yang tinggi karena setiap titiknya dalam motif akan berpengaruh pada hasil akhirnya. Motif yang dihasilkan dengan batik tulis tidak akan  pernah sama persis. Kerumitannya pun batik tulis yang menyebabkan harga batik tulis relatif mahal dibanding yang lain ya. Jadi jenis batik tulis ini seringkali dipakai raja, serta para bangsawan sebagai simbol kemewahannya.

  • Batik kombinasi cap dan tulis

Sedangkan untuk Batik Kombinasi yaitu (Tulis dan Cap) merupakann batik yang telah dibuat dengan tujuan  mengurangi kelemahan – kelemahan yang terdapat pada produk batik cap, seperti misal motif besar dan seni coretan yang tidak dapat dihasilkan dengan tangan manusia itu sendiri. Dalam proses pembuatannya, pembuatan batik kombinasi ini memerlukan beberapa persiapan-persiapan yang cukup rumit, terutama dalam penggabungan motifnya yang bisa ditulis dan motif capnya, sehingga efisiensinya cukup rendah (hampir sama dengan batik tulis) dan nilai seni produknya sendiri disamakan dengan batik cap ya. Dimana  proses pembuatannya pun melalui tahap – tahap dari persiapan, pemulaan (untuk motif besar), pembatikan (motif yang tidak dapat dicap), pencapan, pewarnaan, pelorodan dan yang terakhir penyempurnaan. Beli Baju Batik dan kain batik berkualitas dengan harga terjangkau di https://batik-s128.com/

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *